Advertisement

Registrasi PTK Baru di Simpatika (S07a) Terupdate

Tutorial/Cara Pengajuan PTK Baru di Simpatika (S07a) Terbaru 2023

Sejak tahun 2023, proses pengajuan PTK Baru di Simpatika (S07) tidak lagi menggunakan akun Simpatika Madrasah seperti sebelumnya. Alih-alih itu, pengajuan PTK Baru akan dilakukan melalui Emis Madrasah, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Surat Edaran (SE) Dirjen Pendis Kemenag Nomor 7/DJ.I/Dt.I.II/02/2023 yang diterbitkan pada tanggal 31 Januari 2023 mengenai Program dan Layanan Simpatika Tahun 2023.

PTK baru 2023


Dalam Surat Edaran tersebut, dijelaskan bahwa GTK baru yang belum terdaftar di laman Simpatika Kemenag diharapkan mendaftarkan keaktifannya melalui Registrasi PTK level 1 pada aplikasi Emis Madrasah dengan mengisi data pokok.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai SE Dirjen Pendis Kemenag Nomor 7/DJ.I/Dt.I.II/02/2023 tertanggal 31 Januari 2023 tentang Program dan Layanan Simpatika Tahun 2023, silahkan unduh dokumen lengkapnya di tautan berikut: [tautan unduhan].


Pengisian data PTK baru di Emis hanya meliputi data-data dasar guru dan tenaga kependidikan. Untuk kelengkapan data lainnya, dapat dilanjutkan dengan mengakses laman Simpatika.


Untuk memastikan keaktifan kolektif dan agar PTK baru dapat masuk ke dalam S25, pengajuan PTK Baru di Simpatika (S07a) sebaiknya dilakukan oleh satuan pendidikan madrasah di awal tahun pelajaran, sebelum kepala madrasah mencetak S25.


Untuk dapat mengajukan PTK baru di laman Simpatika Kemenag dan mencetak formulir S07a, operator simpatika madrasah harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:


Langkah Langkah Pengajuan PTK Baru di Simpatika (S07a) Terbaru 2023

Sejak tahun pelajaran 2023/2024, pengajuan PTK baru di Simpatika (S07a) hanya dapat dilakukan melalui Aplikasi Emis Madrasah. Bagi operator Emis, berikut adalah langkah-langkah pengajuan PTK baru di Simpatika (S07a) Terbaru 2023:

  • Silahkan Masuk/login ke Akun Emis Madrasah disini
  • Setelah itu pilih menu Pengajuan GTK Baru
  • Kemudian Klik menu Tambah dan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Guru baru
  • Setelah itu, Kemudian login ke Akun Emis Kepala Madrasah
  • Setelah sukses login, silahkan lakukan approval/persetujuan pengajuan GTK baru dan pastikan muncul ID PTK yang baru disetujui
  • Setelah berhasil disetujui oleh Kepala Madrasahdan PTK baru muncul ID-nya, silahkan lakukan Aktivasi dengan Login ke SIMPATIKA disini.
  • Lanjutkan proses Aktivasi PTK sampai terbit formulir S05 dan S07, dan kirim formulir S05 dn S07 yang telah dicetak ke Admin SIMPATIKA Kabupaten/Kota untuk memperoleh persetujuan.

Artikel di atas memberikan panduan tentang Cara Pengajuan PTK Baru di Simpatika (S07a) Terbaru 2023. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat dan bantuan kepada Operator Madrasah dalam melakukan pendataan PTK baru di Simpatika tahun 2023. Dengan langkah-langkah yang dijelaskan, diharapkan proses pengajuan PTK baru dapat berjalan dengan lancar dan efisien sesuai dengan kebijakan terbaru yang berlaku. Selamat mencatat data PTK baru dengan sukses!


Keuntungan Menggunakan Simpatika (S07a)

Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya apa keuntungan menggunakan Simpatika (S07a) untuk mengurus data kepegawaian PTK. Nah, saya akan memberi Anda beberapa alasan mengapa Simpatika patut dipertimbangkan:


Efisiensi Administrasi

Simpatika mengintegrasikan seluruh data kepegawaian dan administrasi dalam satu sistem, sehingga mengurangi pekerjaan manual dan mempercepat proses administrasi.


Akses Informasi Real-Time

Dengan Simpatika, Anda dapat mengakses informasi PTK secara real-time, seperti riwayat kepegawaian, kualifikasi, dan tugas mengajar.


Kemudahan dalam Melakukan Perubahan Data

Jika ada perubahan data PTK, Anda dapat dengan mudah mengubahnya melalui Simpatika tanpa perlu berkunjung ke kantor administrasi.


Keamanan Data Terjamin

Simpatika dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, sehingga data PTK Anda akan terjaga dengan baik.


Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara mendaftarkan PTK baru di Simpatika (S07a) dan mengapa sistem ini begitu menguntungkan. Jangan ragu untuk mencoba sendiri dan alami kemudahan administrasi PTK dengan Simpatika. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi Anda wawasan baru!


FAQ

Apakah Simpatika (S07a) dapat diakses secara gratis?

Simpatika (S07a) adalah sistem yang disediakan oleh pemerintah dan dapat diakses secara gratis.


Berapa lama proses verifikasi data PTK baru biasanya berlangsung?

Proses verifikasi data PTK baru biasanya memakan waktu beberapa hari hingga seminggu, tergantung pada tingkat lalu lintas dan jumlah permohonan.


Apakah saya dapat menggunakan Simpatika untuk memperbarui data kepegawaian yang sudah ada?

Ya, Anda dapat menggunakan Simpatika untuk memperbarui data kepegawaian yang sudah ada dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan.


Bagaimana jika saya lupa kata sandi akun Simpatika saya?

Anda dapat menggunakan fitur "Lupa Kata Sandi" untuk mengatur ulang kata sandi akun Simpatika Anda.


Apakah informasi PTK yang tersimpan di Simpatika aman?

Ya, informasi PTK yang tersimpan di Simpatika dilindungi dengan baik dan aman dari akses yang tidak sah.

Posting Komentar

0 Komentar