Advertisement

Pencairan Tahap 2, Dibuka Portal BOS untuk BOS Madrasah dan BOP RA Tahun Anggaran 2023

Portal BOS untuk BOS Madrasah dan BOP RA Tahun Anggaran 2023



Dalam rangka Optimalisasi Pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Raudhatul Athfal (BOP RA) Tahun Anggaran 2023, disampaikan hal sebagai berikut:

1. Menginformasikan kepada semua Madrasah penerima BOS Madrasah TA 2023 yang belum mengajukan syarat pencairan dan belum lolos Verifikasi, bahwa kegiatan unggah dokumen persyaratan pencairan BOS Madrasah Tahap I Batch 9 (Batch terakhir) TA 2023 pada Portal BOS https://bos.kemenag.go.id akan dibuka kembali terhitung tanggal 27 Juni 2023 sampai dengan 7 Juli 2023.


2. Menginformasikan kepada semua Raudhatul Athfal (RA) penerima BOP RA TA 2023 yang belum mengajukan syarat pencairan dan belum lolos Verifikasi, bahwa kegiatan unggah dokumen persyaratan pencairan BOP RA Tahap I Batch 6 (Batch Terakhir) TA 2023 pada Portal BOS https://bos.kemenag.go.id akan dibuka kembali terhitung tanggal 27 Juni 2023 sampai dengan 7 Juli 2023.


3. Menginformasikan kepada Tim BOS/BOP RA Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk melakukan verifikasi atas berkas pengajuan Tahap I yang diunggah oleh Madrasah dan Raudhatul Athfal (RA) pada tanggal 27 Juni 2023 sampai dengan 10 Juli 2023.


4. Menginformasikan kepada semua Madrasah penerima BOS Madrasah TA 2023 yang telah menyelesaikan pencairan dan LPJ Tahap I, dapat mengajukan pencairan Tahap II pada Portal BOS https://bos.kemenag.go.id yang akan dibuka pada tanggal 27 Juni 2023 sampai dengan 7 Juli 2023.


5. Menginformasikan kepada semua Raudhatul Athfal (RA) penerima BOP RA TA 2023 yang telah menyelesaikan pencairan dan LPJ Tahap I, dapat mengajukan pencairan Tahap II pada Portal BOS https://bos.kemenag.go.id yang akan dibuka pada tanggal 27 Juni 2023 sampai dengan 7 Juli 2023.


6. Menginformasikan kepada Tim BOP/BOP Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk melakukan Verifikasi atas berkas pengajuan Tahap II yang diunggah oleh Madrasah dan Raudhatul Athfal (RA) sejak tanggal 27 Juni 2023 sampai tanggal 10 Juli 2023


Unduh Pemberitahuan Pembukaan Kembali Portal BOS untuk BOS Madrasah dan BOP RA Tahun Anggaran 2023



DOKUMEN PENGAJUAN BOS DAN BOP RA TAHAP 2 – 2023

1. Kwitansi penerimaan dana BOS dan BOP RA tahap 2:

a. Format dokumen diunduh (download) dari portal BOS, diisi, ditanda tangan dan stempel madrasah, kemudian diunggah (upload) kembali ke portal BOS.
b. Tanggal dokumen diberi tanggal 10 Juli 2023.
c. Diberi meterai pada bagian tanda tangan kamad.


2. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTJB) Tahap 1:

a. Format dokumen diunduh (download) dari portal BOS, diisi, ditanda tangan dan stempel madrasah, kemudian diunggah (upload) kembali ke portal BOS
b. Tanggal dokumen diberi tanggal 10 Juli 2023
c. Diberi meterai pada bagian tanda tangan kamad.


3. RKAM BOS Tahap 2 – 2023:

a. Bagi yang sudah bimtek dan pendampingan EDM dan eRKAM batch 1, batch 2 dan batch 3
- Dokumen diunduh (download) dari aplikasi eRKAM v2 dalam format pdf dan diunggah (upload) diportal BOS, setelah ditanda tangan dan stempel.
- Tidak perlu diberi materai.
- Tanggal sesuai yang terekam dalam eRKAM.
b. Bagi yang belum bimtek dan pendampingan EDM dan eRKAM Dokumen yang diunduh (download) adalah versi excel.


4. LPJ bulanan tahap 1 mulai dari bulan Januari s.d Juni 2023.

a. Bagi yang sudah bimtek dan pendampingan EDM dan eRKAM batch 1 dan batch 2
- Dokumen diunduh (download) dari aplikasi eRKAM v2 dalam format pdf dan diunggah (upload) diportal BOS, setelah ditanda tangan dan stempel.
- Tidak perlu diberi materai.
- Tanggal sesuai yang terekam dalam eRKAM.
b. Bagi peserta bimtek dan pendampingan batch 3
- Dapat menggunakan hasil unduh (download) dari aplikasi eRKAM (bagi yang menginput rencana dan realisasi BOS tahap 1), atau menggunakan LPJ format excel.
- Bentuk format menyesuaikan dengan format yang ada diaplikasi eRKAM v2, LPJ untuk madrasah swasta.
c. Bagi yang belum bimtek dan pendampingan
- Mengerjakan LPJ bulanan secara manual, dikonversi ke pdf.
- Format menyesuaikan dengan format LPJ bagi madrasah swasta sebagaimana yang dihasilkan dalam eRKAM v2.


5. Pengajuan dana tahap 2 dapat dilakukan apabila minimal serapan dana tahap 1 telah mencapai 80% dari dana BOS tahap 1.


6. Bagi yang input manual, madrasah juga wajib Menyusun BKU dan melengkapi semua transaksi dengan bukti pendukung transaksi yang valid, relevan dan cukup. Dan menyerahkan kepada verifikator jika diminta oleh verifikator.

Posting Komentar

0 Komentar