Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


SK Penetapan Kelayakan Sekolah Madrasah Untuk Divisitasi Tahap 3 Tahun 2023

Kamis, 10 Agustus 2023 | Agustus 10, 2023 WIB Last Updated 2023-08-10T09:56:01Z
Premium By Gurupedia With Gurupedia

SK Penetapan Kelayakan Sekolah Madrasah Untuk Divisitasi Tahap 3 Tahun 2023.jpg


PENETAPAN KELAYAKAN SEKOLAH/MADRASAH UNTUK DIVISITASI TAHAP III TAHUN 2023



    Menimbang : 
a. bahwa akreditasi dilaksanakan dalam rangka menilai kelayakan satuan pendidikan;

b. bahwa akreditasi sekolah/madrasah merupakan upaya strategis dalam meningkatkan mutu sekolah/madrasah di seluruh Indonesia;

c. bahwa sasaran akreditasi sekolah/madrasah merupakan upaya untuk memberikan pelayanan pendidikan yang etisien dan akuntabel;

d. bahwa dalam pelaksanaan akreditasi, Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) dibantu oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi (BAN-S/M Provinsi) yang bertanggung jawab atas pelaksanaan akreditasi untuk sekolah/madrasah di masing-masing provinsi;

e. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a, b, c, dan d, BAN-S/M perlu
menetapkan kelayakan Sekolah/Madrasah untuk divisitasi tahap III tahun 2023.



    Mengingat : 
1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301);

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan;

4. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 963);

5. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah;

6. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 079/P/2018 tentang Ketua dan Sekretaris Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Non Formal periode 2018-2022;

7. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 209/P/2021 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah;

8. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 57/P/2022 tentang Perpanjangan Masa Bakti Keanggotaan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Periode 2018-2022;

9. Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor 807/BAN-SM/SK/2021 tentang Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah.

    Memperhatikan
1. Raw data Sekolah/Madrasah BAN-S/M Provinsi Jawa Tengah tahun 2023 yang memenuhi kriteria berdasarkan SK BAN-S/M No. 807/BAN-SM/SK/2021 tanggal 01 September 2021 tentang Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah;

2. Keputusan Rapat Pleno BAN-S/M Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 02 Agustus 2023 tentang Penetapan Kelayakan Sekolah/Madrasah untuk Divitasi Tahap III Tahun 2023.

MEMUTUSKAN
    Menetapkan : 
Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Tengah Tentang Penetapan Kelayakan Sekolah/Madrasah untuk Divisitasi Tahap III Tahun 2023.

KESATU : Rekapitulasi Sekolah/Madrasah untuk Divisitasi Tahap III Tahun 2023 sebagaimana terlampir.

KEDUA : Apabila ada kebijakan anggaran tambahan, maka kuota akan disesuaikan.

KETIGA : Keputusan ini berlaku sejak ditetapkan sampai dengan berakhirnya tahun anggaran 2023 dan apabila terdapat kekeliruan dalam Surat Keputusan ini akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Berikut Selengkapnya SK Penetapan Kelayakan Sekolah/Madrasah Untuk Divisitasi Tahap Iii Tahun 2023, KLIK DISINI


Uraian Sedikit Tentang SK Penetapan Kelayakan Sekolah/Madrasah Untuk Divisitasi Tahap III Tahun 2023

Sudah siap untuk menyelami dunia misterius SK Penetapan Kelayakan Sekolah/Madrasah? Yuk, kita jelajahi bersama langkah-langkahnya yang penuh tantangan dan kegembiraan! Siapkan diri untuk mengikuti perjalanan kisah penentuan kelayakan institusi pendidikan dalam Divisitasi Tahap III Tahun 2023. Mari kita mulai!

Pengantar: Melangkah ke Dunia Divisitasi

Pikirkan tentang Divisitasi sebagai suatu petualangan di mana para pahlawan tanpa tanda jasa, yaitu sekolah dan madrasah, menjalani misi epik untuk membuktikan keunggulan mereka. Tahap III tahun 2023 adalah saat di mana semua pilihan mereka diuji, dan SK Penetapan Kelayakan menjadi naskah suci yang akan menentukan takdir mereka.

Mengurai Makna SK Penetapan Kelayakan

SK Penetapan Kelayakan adalah seperti "peringatan cuaca" untuk institusi pendidikan. Ini adalah piagam kehormatan, menandakan bahwa sekolah atau madrasah tersebut telah memenuhi persyaratan tertentu untuk terus beroperasi. Ini mirip dengan pahlawan yang mendapatkan medali setelah berhasil menyelesaikan berbagai ujian.

Langkah Pertama: Persiapan yang Teliti

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan para pahlawan - dalam hal ini, sekolah atau madrasah - telah mengumpulkan semua persyaratan dengan cermat. Ini seperti menyusun senjata dan perlengkapan penting sebelum memasuki medan pertempuran. Semua yang diperlukan harus siap, mulai dari data akademik hingga fasilitas fisik yang memadai.

Menghadapi Ujian Tertulis: Mengumpulkan Bukti

Seperti detektif yang menyusun petunjuk untuk menyelesaikan kasus, institusi pendidikan perlu mengumpulkan bukti yang meyakinkan. Bukti-bukti ini harus kuat, seperti alat bukti dalam menyusun argumen. Ini adalah momen di mana data akademik, prestasi siswa, dan berbagai kegiatan sekolah menjadi bintang utama.

Memeriksa Fasilitas: Pemeriksaan Lapangan

Ingat film petualangan di mana pahlawan harus memeriksa keadaan medan tempur sebelum pertempuran? Nah, inilah saatnya institusi pendidikan melakukannya. Dalam tahap ini, fasilitas fisik seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan area olahraga diperiksa. Apakah semuanya siap untuk impresi terakhir?

Menyusun Rencana Aksi: Mengejar Keunggulan

Pahlawan tidak hanya memasuki pertempuran tanpa rencana, bukan? Demikian pula, institusi pendidikan perlu merumuskan rencana aksi yang jelas. Bagaimana mereka akan terus meningkatkan kualitas pendidikan? Bagaimana meningkatkan keterlibatan siswa dan mendukung perkembangan mereka? Inilah saatnya untuk menunjukkan bahwa mereka siap untuk perubahan.

Moment Klimaks: Presentasi dan Penilaian

Seperti penampilan di atas panggung besar, saat presentasi adalah momen yang dinanti-nanti. Di hadapan panel penilai, institusi pendidikan harus berbicara dengan percaya diri dan meyakinkan. Ini adalah saat di mana semua persiapan, bukti, dan rencana aksi harus dipersembahkan dengan cemerlang.

Keputusan: Mengangkat Panji Kemenangan

Semua perjuangan, kerja keras, dan persiapan mengarah ke titik ini: keputusan akhir. Seperti saat pemenang diumumkan dalam lomba, institusi pendidikan akan mendengar apakah mereka berhasil atau tidak. SK Penetapan Kelayakan adalah seperti mahkota yang menghiasi kepala para pemenang.

Kesimpulan: Menyongsong Masa Depan yang Gemilang

Di akhir petualangan yang panjang ini, para pahlawan - sekolah atau madrasah - dapat menghembuskan napas lega. Namun, ini juga awal dari babak baru. Dengan SK Penetapan Kelayakan di tangan, mereka dapat lebih percaya diri melangkah menuju masa depan yang gemilang, dengan komitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pendidikan terbaik bagi para siswa.

FAQ Unik: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa bedanya antara Divisitasi dan evaluasi biasa?
Divisitasi adalah evaluasi yang mendalam dan komprehensif. Ini bukan sekadar inspeksi permukaan; ini adalah perjalanan mendalam ke dalam jantung institusi pendidikan.

2. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk proses Divisitasi?
Waktu dapat bervariasi, tetapi persiapan yang matang akan membantu memperlancar proses. Biasanya, proses ini memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.

3. Apa yang terjadi jika institusi tidak memenuhi persyaratan Divisitasi?
Jika institusi tidak memenuhi persyaratan, mereka mungkin perlu mengatasi kelemahan yang ada dan kemudian mengikuti proses Divisitasi kembali.

4. Apa yang dilakukan setelah SK Penetapan Kelayakan diberikan?
Setelah mendapatkan SK Penetapan Kelayakan, institusi pendidikan perlu terus bekerja untuk mempertahankan dan meningkatkan standar yang telah ditetapkan.

5. Apa manfaat utama dari SK Penetapan Kelayakan?
SK Penetapan Kelayakan tidak hanya merupakan pengakuan atas prestasi institusi, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat dan potensi peningkatan jumlah siswa yang ingin bergabung. Ini juga dapat membuka pintu untuk kesempatan pendanaan yang lebih baik.

Terima kasih telah bergabung dalam petualangan epik ini untuk mengungkap rahasia di balik SK Penetapan Kelayakan Sekolah/Madrasah. Semoga artikel ini telah memberi Anda pemahaman yang lebih dalam dan semangat untuk meraih keunggulan dalam pendidikan!
*
×
Data Terbaru Update